Statistik Pengguna Facebook Indonesia

0


TERINSIPRASI dari tweet-tweet Enda Nasution, Bapak blogger Indonesia, saya jadi ingin meneruskan apa yang sudah ia rintis dengan menuliskan tweet-tweet statistik demografis pengguna Facebook di Indonesia ke dalam sebuah tulisan blog. Data-data ini saya peroleh langsung dari rilis Facebook sendiri untuk data tanggal 8 Mei 2010 pukul 12.15. Nanti akan saya tuliskan sumbernya di akhir tulisan ini. Sebagai peringatan, jangan sampai anda terkaget-kaget melihat banyak fakta yang menarik dan unik dari statistik ini. Baiklah langsung saja saya sajikan statistik pengguna Facebook Indonesia:
Jumlah Pengguna:
Tercatat ada total 23.781.260 pengguna aktif Facebook di Indonesia dengan detil ada 13.942.460 pria dan 9.612.180 wanita. Sungguh mengejutkan karena berdasarkan riset saya sebelumnya yang eksis di Facebook kebanyakan justru wanita. Selain itu kalau diperhatikan apabila jumlah pengguna pria dan wanita kurang dari jumlah total pengguna Facebook.
Apabila dijumlahkan totalnya ‘hanya’ ada 23.554.640. Apa artinya? Artinya sungguh amat sangat mengejutkan karena ada 226.620 pengguna Facebook Indonesia yang diragukan jenis kelaminnya, entah pria entah wanita. Ada kemungkinan diantar mereka ada yg transgender [Maho] atau malah berkelamin ganda.
Relationship Status
Berdasarkan data statistik ternyata mayoritas pengguna Facebook masih single [jomblo] yaitu sejumlah 6.436.080 orang. Sementara untuk yang sudah dan sedang belajar pacaran ada 3.229.160 orang, yang sudah bertunangan ada 843.620 orang dan sisanya sejumlah 2.751.700 orang menyatakan diri sudah menikah. Dengan demikian urutan relationship dari yang terbanyak di Facebook adalah Single – Pacaran – Menikah – Tunangan.
Dari data yang ada tersebut juga dipisahkan berdasarkan jenis kelamin untuk ditemukan berapa jumlah pria dan wanita yang masih single atau sudah menikah dan sebagainya. Dan datanya dapat dilihat pada chart dibawah ini:
Yang menarik, seperti yang terlihat di atas adalah, 64% pengguna Facebook yang pria masih single. Jadi ayo para wanita yang masih single, kesempatan kalian masih besar. Siapa tahu jodoh kalian ada di Facebook kalian. Nah untuk pria baru agak sulit karena wanita Indonesia yang masih single hanya ada 44% saja. Para pria jadi sedikit lebih berkurang peluangnya untuk mendapatkan teman kencan di Facebook. Tapi untuk para wanita harap hati-hati. Walaupun di statistik ada 64% pria yang masih single siapa tahu mereka hanya memasang status palsu, jadi pastikan baik-baik kalau ingin mencari jodoh di Facebook. Jangan sampai nanti kalian diculik seperti peritiwa yang terjadi beberapa waktu yang lalu.
Fakta-Fakta Unik
Oke setelah kita mengetahui data statisk pengguna dan status hubungannya, sekarang kita akan masuk ke fakta-fakta unik. Saya akan menyajikan fakta-fakta itu dalam bentuk snapshot plus komentar singkat saja tanpa grafik. Dan fakta-fakta tersebut adalah:
  • Ada 1.175.360 pengguna Facebook Indonesia berjenis kelamin wanita yang berada di range umur 18-25 tahun yang masih single. Umur sekian adalah umur dijenjang pendidikan SMA dan kuliah. So, para pria yang ingin mencari pacar masih SMA atau kuliah, ada 1.175.360 wanita menunggumu
  • Ada 3.520 pengguna wanita umur 18-25 tahun yang masih kuliah yang masih single. Silahakan para pria yang mencari pacar mahasiswi ada 3500 wanita Indonesia menunggumu.
  • Untuk para wanita tak usah khawatir. Ada 2.022.360 pria single berumur 18-25 tahun menanti anda. Kalau kalian mencari yang masih kuliah ada 8000 pria tersedia. Hayo silahkan yang berminat segera bergerak
  • Anda pria pencinta Hot Mama atau mungkin Tante Girang? Tak usah khawatir. Ada 46.580 wanita pengguna Facebook di atas usia 35 tahun yang masih single. Silahkan para pria yang mungkin pengin jadi berondong tante-tante, peluang kalian cukup besar.
  • Sebaliknya, kalau anda ingin mencari Om Senang, tersedia pria pengguna Facebook berumur di atas 35 tahun yang masih single. Silahkan mungkin ada wanita yang ingin cari pria berumur. Jumlahnya lebih banyak daripada yang wanita.
  • Kalau ingin lebih spesifik umur yang lebih tua yaitu di atas 50 tahun, ada 34.120 pria single dan 9.900 wanita single menanti. Yah walaupun sudah kakek-kakek dan nenek-nenek, siapa tahu masih ada yang berminat.
  • Ini fakta mengerikan. Ada 317.980 pria pengguna Facebook [tanpa batasan umur] yang terang-terangan menyatakan ketertarikannya pada sesama pria which is they are maho detected. Untuk wanita yang menyatakan keyertarikan kepada sesame jenisnya malah jauh lebih banyak. Tercatat ada 2.645.820 wanita pengguna Facebook tertarik kepada wanita. Ampuni dosa mereka ya Tuhanku.
  • Kalau fakta yang ini masih terkait dengan fakta sebelumnya. Hanya saja kali ini dibatasi untuk usia muda yaotu antara 18-25 tahun. Tercata ada 146.700 pria muda yang menyatakan diri tertarik pada pria dan 1.241.120 wanita muda yang menyatakan diri tertarik pada wanita. Ckckckck.
  • Kalau yang ini adalah fakta-fakta tentang percintaan di bawah umur. Ada 160.280 pengguna Facebook yang berumur di bawah 17 tahun yang sudah menikah, 217.300 sudah bertunangan dan 1.127.420 sudah berpacaran. Gosh, masih kecil sudah pada pacaran bahkan ada yang sudah menikah segala. Pantas saja kemarin angka kelulusan UAN SMP dan SMA pada turun.
  • Ini juga agak berkaitan dengan kelulusan SMA kemarin. Ada 2.260 anak yang masih SMA tapi sudah menikah. Bagaimana bisa tenang belajar kalau harus disambi mengurus rumah tangga?
  • Ini juga fakta yang sungguh amat membuat miris. Ada 75.060 anak umur 13 tahun yang mana itu berarti kelas 6 SD atau 1 SMP yang sudah berpacaran, 7740 sudah bertunangan dan 6260n yang sudah menikah!! Kak Setoo, bagaimana ini. Komnas Perlindungan anak harus segera bertindak.
Masih banyak sebenarnya fakta-fakta statistik yang bisa disajikan. Tapi takutnya tulisan ini akan menjadi amat sangat panjang jadi yang saya sajikan hanya segitu saja. Kalau kalian ingin membaca sendiri statistik itu di sumber aslinya yaitu di Facebook silahkan kalian menuju ke halaman berikut: http://www.facebook.com/ads/create/. Cara mendapatkan datanya sangat mudah. HAlaman itu adalah halaman untuk mendesain iklan di Facebook. Kalian isi asal saja ‘Design Your Add’-nya dan klik Continue. Aka nada target yang bisa dicapai dengan iklan itu dan kalian bisa mengkombinasikan data untuk mendapat ‘Estimated Reach’ yang mana itu merepresentasikan jumlah dan statistik pengguna Facebook.
Bukan tidak mungkin ketika anda menuju halaman itu data yang ada sudah bertambah atau juga berkurang.

0 comments:

Post a Comment

Klik dapat dollar??